Greenious-Hurray

Gak da yang lebih menyenangkan selain mencurahkan ide dalam bentuk tulisan, dan orang-orang membaca dan mengerti tulisan itu. He..he..

Jam Dinding

RockYou FXText

Tuesday, August 26, 2014

Explore Ciamis

Diposkan oleh Reesh-Ma

Mau sedikit berbagi cerita ttg perjalanan liburan ke Ciamis 4 hari lalu (21 agustus - 24 agustu 2014) lalu. Buat para traveller dari jawa timur yang mau rencana maen ke Ciamis (pangandaran, Green Canyon dan sekitarnya), ngaku deh pasti susah bgt cari review perjalanan dari jawa timur ke Ciamis.
yupp.. itu juga yang aku rasain sebelumnya,,, review backpacker ke ciamis rata2 banyak yg dari jawa barat.  Yaaah klo kalian sabar ngumpulin informas satu2 dari para backpacker di Internet pasti bisa dpt info yang kalian butuhkan. But.. it is needed most patient..

Saran aja, buat para traveller dari jatim yg mau ke Ciamis paling gampang naek kereta aja. Knp? Karena naek pesawat hanya dari juanda - airport di Bandung, jarak dari Bandung ke Ciamis cukup jauh. Naek bis jg ga mungkin, karena satunya2 PO bus dari jatim (terminal Bungur) ke Ciamis cuman satu yaitu bus Mandala. Itupun hanya lewat saja di Ciamis dan tujuan jabar (gak tau terakhir dimana) dan ga begitu banyak armadanya. Jadi yg paling pas adalah naek kereta api.

Tanggal 21-8-2014
Aku berangkat berdua saja nih ceritanya, karena temen2 pada geje dengan batal tiba2. Kami naek kereta dari st Surabaya Gubeng - st Ciamis, kereta ekonomi pasundan tarifnya 55.000,_ gak usah takut naek kereta ekonomi, karena sekarang udah tertib, pasti dapet tempat duduk, dan berAC. Cuman klo kereta ekonomi waktu perjalanannya lebih lama 3-4jam dari kereta bisnis. Bayangkan aku berangkat jam 9.15 WIB sampai Ciamis jam 20.00. Ampe bosen2 deh... klo mau naek bisnis hrg tiket termurahnya 235.000 tapi gak tw jadwalny jam berapa.
Tips, klo kalian mau ke Pangandaran atau Green Canyon mending kalian turun di st Banjar (bukan banjarmasin yaa). Dari st Banjar kalian naik bus jurusan Pangandaran, bus ini asalnya tujuan jakarta - pangandaran (tapi melewati ciamis dan Banjar) nama busnya Budiman dan lewat depan stasiun banjar. Masalahnya jika lewat jam 19.00 bus ini jarang ada, ada pun lama nungguny. Jadi sabar aja.. 😜
Klo ga dapet bus, saran aja naek angkot ato ojek ke terminal banjar dan bermalam dulu disitu. Klo dapet bus kalian turun terminal pangandaran. Dari situ kalian bisa naik ojek ke daerah pantai pangandaran, angkot sudah gak ada diatas jam 17.00. Dan mau gak mau kalian harus bermalam di pangandaran.

Sementara aku kemarin turun Ciamis karena mampir dulu kerumah temen yg kebetulan kerja di Ciamis. Sekalian pinjem motornya untuk dipake selama liburan disana 😃. Info2 rute bus di banjar - pangandaran itu hasil nanya2 sama temen dan nanya sama guide waktu qta wisata2.
Yah hari pertama hanya diisi perjalanan Sby - Ciamis yg hampir 12 jam lamanya. Begitu sampai Ciamis qta dijemput teman tadi dan bermalam sehari di kontrakannya.

Tanggal 22-8-2014
Hari pertama petualangan dimulai. Kami start dari ciamis jam 6.30 menuju arah pangandaran, rencananya kami mau langsung main air ke Citumang (green Valley). Sengaja kami ga berencana mampir pangandaran karena pertama tujuan utama kami ke ciamis adalah wisata sungai bukan wisata pantai, kedua karena dari hasil browsing di internet spot di pangandaran ga ada yg menarik. Paling cuman sunrise n sunset, taman nasional.. atleast buat kami itu kurang menarik.
Buat kalian yang bermalam di pangandaran kalian bisa liat sunset di pantai barat pangandaran (awas salah lokasi di pantai timur) bisa tanya2 orang sekitar dan hati2 kena calo guide yaa...

Well kami berangakt dari Ciamis dengan modal google map. Dan itulah kesalahan besar kami 😣. Kami main percaya dan ngikuti aja rute dari google map tanpa nanya2 ke org sekitar. Tips yaa.. hati2 klo kalian baca google map, karena google map itu nunjukin rute tercepat ke tujuan tapi ga bisa bedain apakah jalan itu layak atau ga. Mending sesekali kalian bertanya ke org sekitar di persimpangan2 jalan. Make it sure aja, apa itu jalan yg lazim ato gak.

Yang terjadi adalah kami masuk lewat jalan desa di tengah gunung, dengan kondisi jalan rusak berat, penuh batu2 besar dan tanjakan dan turunan tajam. Gak tau sampai desa apa, tau2 lost signal... fuck !!! Sinyal 3G untuk internetan gak ada, walaupun Sinyal buat nelpon masih ada. Google meninggalkan kami di desa entah berantah..
Apesnya penduduk yang kami tanyai menggunakan bahasa sunda yg gak tw deh artinya apaan, dikit2 mereka bisa bahasa nasional tapi dicampur2 sunda duh... duh...
Qta nekat aja trus sampe di desa namanya Langkaplancar dan berhenti di warung kecil, sambil istirahat kami nanya lagi... untungnya si penjual bisa bahasa nasional qta. Dia jelasin klo seharusnya gak lewat sini, tapi lewat Banjar klo mau ke pangandaran. Lewat langkaplancar bisa tapi jalannya rusak banget. Beliau ngasih jalan keluar tercepat dari jalur neraka ini, belok lurus belok tw deehh... dan beliau ngasih tau wisata terdekat yaitu citumang... Yeeeyyy paling gak kami bisa sampai ke salah satu tujuan kami yaitu sungai Citumang.

Jadi yg seharusnya perjalanan dari Ciamis - pangandaran hanya 3 jam, kami tempuh lebih dari 5 jam. Hampir 6 jam ditengah gunung byuuuuuhhh....
Klo kalian dari arah ciamis ke pangandaran dengan google map, pastikan kalian mengambil rute yg melewati kota Banjar dan st Banjar karena hanya itu satu2nya rute yang benar. Gak ada rute lain... inget GAK ADA!!!

dari arah pangandaran ke citumang sekitar 30 mntan, bisa dengan naik angkot atau bus arah cijulang trus dilanjut naik ojek. Karena wisata citumang inj gak dipinggir jalan raya, dan masuk ke desa2 jalannya. Sori aku gak tau tarifnya naik angkot atau ojek yaa...

Kami sampai citumang jam 12.00 dan shalat jumat dulu. Wisata Citumang ini dimulai jam 13.00 dengan ditemani Guide lokal yg masih muda namanya A' Hendry. Untung A' Hendry ini orangnya gak pelit ngasih info dan ga pelit diminta foto. Daripada beberapa guide lain yang kami temui, aku rekomendasikan untuk pake jasanya A' Hendry... (yg mau kontaknya PM aja).
Cuman klo misal kalian banding2kan kualitas guide lokal citumang dengan guide dari pangandaran jelas kualitasnya beda. Guide dari Pangandaran jelas lebih hebat dari guide lokal Citumang.  Kenapa... yah kalian bisa cari tau sendiri alasannya pas disana.
Biaya untuk wisata di citumang ini 75.000/org all in (guide, tiket masuk, life jacket, asuransi). Disini wisatanya semi body rafting, kenapa kok semi karena jarak tempuhnya pendek hanya sktar 1 km dan arusnya relatif tenang. Normalnya 2 jam sudah sampe finish, tapi kemarin aku 3 jam baru finish karena keasyikan foto2 dan berenang2 di bagian2 sungainya. A' Hendry-nya ga mengeluh meskipun harus videoin kami terus2an dan nungguin kami loncat2 dari tebingnya...

Tips yaa.. ada spot diCitumang yg namanya Green Valley atau cukang taneuh (ini beda dengan cukang taneuhnya green canyon). Biasanya guide lokal akan males ngajak wisatawan lokal ke spot ini (gak tau alasannya kenapa), tapi kalian bisa request ke guide kalian untuk dibawa ke spot ini. Waktu itu aku gak sengaja nyebut cukang taneuh (mksdnya sih cukang taneuh di green canyon) ehh A' Hendry malah ngajak kita ke cukang taneuhnya Citumang aka Green Valley. Disitu dy ngaku klo tadinya gak mau ngajak kita ke green valley, cuman karena td trlanjur di sebut jadi sekalian Ditunjukin aja hahahhah selameet... selameett... di green valley kalia. Bisa merasakan sensasi loncat dari tebing setinggi 7 meter. Lumayaaann...

Jam 5 kami selesai dan lanjut perjalanan, kami ga jadi mampir pangandaran karena insiden nyasar tadi. Dan lanjut mau ke pantai batu karas untuk bermalam. Kenapa di batu karas?
Karena batu karas adalah ujung dari komplek wisata di pangandaran dan sekitarnya dan di batu karas bisa liat sunrise, bisa main banana boat dsb, hampir mirip pangandaran.
Berbekal petunjuk dari A' Hendry dan sedikit nanya ke pengunjung alfamart hahhhaaa kami sampai di batu karas melewati jalan yang benar.
Jalan dari citumang ke batu karas sedikit rusak dan dalam perbaikan, tapi gak ngalahin rusaknya jalan di langkaplancar.
Kalian dari citumang ke batu karas bisa naek ojek yaa... angkot desa maksimal hanya jam 17.00.

Tips yaa... mending kalian bermalam di batu hiu aja, lebih murah hrga penginapannya drpada di batu karas. Di batu karas rata2 paling murah 200rbu/kamar, klo bisa nego dapet jg 200rbu/rumah (isinya 1kamar, 1kamarmandi, ruang tamu, dapur). Tapi klo di batu hiu masih ada yg 100ribuan / kamar.

Hari kedua selesai, persiapan besok wisata intinya... Green Canyon...