Greenious-Hurray

Gak da yang lebih menyenangkan selain mencurahkan ide dalam bentuk tulisan, dan orang-orang membaca dan mengerti tulisan itu. He..he..

Jam Dinding


RockYou FXText

Friday, February 6, 2009

Kritikus Karbitan

Diposkan oleh Reesh-Ma

Akhir-akhir ney Q sebel. Sebee...l banget! Q sebel sekaligus heran dan gak habis pikir sama kritikus-kritikus sok tau di Indonesia. Ini bukan soal kritikus politik, kritikus masakan, atao kritikus ekonomi. Klo kritikus jeis ini, Q percaya mereka emang kompeten di bidangnya masing-masing.

Yang lagi Q bahas adalah kritikus-kritikus musik karbitan yang modalnya cuman mantengin TV dan dengerin radio. Orang-orang yang dengan seenaknya mencemooh, mengkritik, sok tau, apatis, memandang sebelah mata dan no, no never pada musikaitas Indonesia.

Sebelumnya Q minta maaf sama orang-orang sekitarQ yang ngerasa gimana... gitu dengan tuisan ney. Tapi jangan ge-er dulu... tulisan ney bukan cuma buat kalian. Ini buat kritikus-kritikus karbitan yang selalu ngerasa telinganya paling oke atau mulutnya paling bener.

Orang-orang ini banyak yang bilang musik Indonesia sekarang GeJe alias Gak Jelas. Katanya musik Indo monoton, mendayu-dayu, suka meniru, gak ada estetikanya, suaranya cempreng deelel. Masih lebih bagus musik barat, tambahnya! Selalu yang diagung-agungkan adalah MCR, PATD, Rihanna, Muse, lily Eden, pokoknya yang gitu-gitu lah!

Kok gak bangga sih sama produk sendiri? Q tau klo musik-musik barat emang keren banget. Nggak munafik juga klo q punya band favorit dari barat. Dibandingkan sama musik Indo, musik barat setingkat lebih hebat. Tapi bukan berarti musik Indo bener-bener terpuruk... ruk... ruk...ruk...! Ada juga kok musisi asli Indo yang go internasional, contoh J-rocks yang bisa rekaman di studionya the Beatles, Anggun yang albumnya mendunia, atau Inul yang bisa show di Jepang. Keren juga kan?

Ironisnyakebanyakan dari kritikus-kritikus karbitan ini justru orang-orang yang nggak bisa maen musik bahkan nggak tau musik sama sekali. Seperti yang Q bilang tadi, modalnya cuma acara-acara musik di TV atau Radio. Klo pun dia suka, paling pol modal mp3 bajakan yang bisa didownload di internet atau transfer lewat bluetooth. Gak punya malu banget sih! udah mengkritik seenak udel, masih aja ngebajak!

Pernah nggak sih orang-orang ini berfikir, nggak gampang bikin secarik lagu. Mungkin aja musisi-musisi itu samapai 7 hari gak makan, gak tidur, gak mandi cuma untuk menciptakan lagu yang merdu dan bisa diteri,a ,asyarakat. Atau juga ada yang harus mandi kembang 7 rupa selama 7 hari 7 malam, semedi di goa, puasa 40 hari dan rela putus dari pacar supaya dapet feel patah hati yang pas. Kerja keras seperti ini dijabani demi lagu yang panjangnya nggak sampai 5 menit. Tapi kemdian orang-orang ini ngomong ini-itu tanpa mau mikir dia sendiri belum tentu bisa bikin lagu.

Q ngerasaain sendiri susahnya bikin lagu yang panjangnya cuma 1 kalimat aja. Setiap kali Q pegang gitar, inspirasi-inspirasi itu langsung hilang, pas lagi nggak pegang gitar, ide-ide selalu ada. Begitu terus! Q terus usaha mencari nada-nada buat laguQ, sampai setelah lagu itu jadi dan Q dengerin didepan orang lain, orang-orang itu justru teriak-teriak klo laguQ gak je;as. Ya... mungkin emang nggak enak, tapi perhatikan juga dong perasaan orang lain!

Yang jelas Q ngerasa gemeees banget denga orang-orang kayak gini. NATO banget! apa ya sebutannya... "sincilia mother fucker" menurut Q! orang-orang gini gak cuma sok tau tentang musik tapi juga film, fashion, dan tentang hukum. Padahal mereka orang Indo tapi benci karya Indo. Pindah aja ke Barat, mampu gak? Gak mampu aja banyak bacot!

4 komentar:

Amira Abdul Halim Draven Singorjo said...

yeahh baby!~ i love this post.. sangat lantang bersuara! bravo!~ im agree with u

Handika Aditya said...

ehem...
secara ga sadar postingan km ini udah kaya kritik juga lho buat "mereka"... ;p
ayo sini aku bikinin teh dulu biar ga sewot lagi...
;)

-Jessica- said...

waduuhh...

saya trsinggung nih
ehm..ehm.. :)

tp gapapa sihh,,
kan namanya orang boleh beda dong jalan pikirannya..

tp emang ga smua musik ind ga bermutu..
mslnya anggun, padi, maliq, ari lasso, glen fredly, ecoutez, efek rumah kaca, pacar aq (baca:afgan).
tuh, banyak ko yg bagus2

tapi nih q malesna tu ma lagu2 ind yang skrg kyna ngetren bgt lagu cemen, mellow mampus, trus liriknya menyayat2 hati..
knp hrs gt coba?
pdhal dandanan personelna ngerock abis
tapi suarana kaya lg diseret2 kalo nyanyi
nah lo

ato critana mlu2 ttg perselingkuhan lah
ugh, nih yg plg bkin q males

ato pnyanyi2 yang bisanya cuman lipsync duank..
gak bgt dah

kl mnurut aq bagusan band2 ind jadul drpd yg skrg
kaya koes plus, java jive, kahitna ama kla project.
apalg kla project,lagu2nya everlasting bangetttttt..
kalo band skrg lagunya paling bertahan bbrp bulan

tapi emang gak smua sihh..

yahh aq emang ga trllu jago musik
tp orang boleh pny pndapat dong..


ken berbeda2 ttp tetap 1 jua
merdeka!

-Jessica- said...

woy2 ..
ko d blogq entrina tb2 gak kluar??

mateng

Post a Comment

Cuap-Cuap yah...